Pengalaman Pribadi | Solusi Index Sitemap yang Turun Menerus di Blog!

Pengalaman Pribadi | Solusi Index Sitemap yang terus Menurun!

Kupikir proses index halaman blog berjalan lancar dengan mengirimkan sitemap.xml, namun ketika melihat laporan statistik di Google Webmaster Tool(GWM) tiba-tiba sitemap yang terindex menurun.

Sangat mengerikan, artikel yang berjumlah 115 hanya 55 yang terindex.

Padahal tidak ada yang saya lakukan selain melakukan hal yang sama seperti bloger pada umumnya, yakni membuat dan Mempublikasikan postingan.

Mulai mencari solusi di beberapa artikel, salah satunya ialah dengan meng-submit seperti berikut ini!
  • atom.xml
  • atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
  • feeds/posts/default?orderby=updated
  • sitemap.xml
  • sitemap.xml?page=1
Anjlok! Sitemap yang terindex menurun Drastis

Telah saya lakukan hal tersebut, namun tiada yang membuahkan hasil. Artikel lain mengatakan bahwa dikarenakan Robot.Txt yang salah sehingga index menurun.

Tapi, tetap saja. Setelah saya ubah Robot.Txt yang BENAR di GWM maupun Blogger itu sendiri, tetap tidak ada perubahan yang berarti.

Ada juga yang mengatakan karena Blog terkena SandBox sehingga proses index menurun, kupikir Blog ku terkena hal tersebut diakibatkan sering menaruh Link di Form Komentar Blog/Website orang lain, karena pada waktu itu saya sangat ingin mendapatkan Backlink agar Blog saya cepat Terkenal.

Pusing memikirkannya, akhirnya saya MENYERAH dan Blog Pertama yang saya miliki, kuhapus serta memutuskan untuk berhenti Blogging(Sejak 2014-2016).

Kemudian, saya mulai nge-Blog lagi dari Nol dengan Membuat Blog JuliKoding dengan platform yang sama, yakni Blogger.

Ternyata malah mendapatkan masalah yang sama(de ja vu), index postingan di Blog JuliKoding juga menurun :( Menyebalkan, bukan?

1# Kerugian apa yang anda dapatkan

1. Sungguh kacau, hal ini sangat merugikan karena postingan kalian tidak akan tampil di penelusuran Google(Salah satu Mesin Pencari). Kalian bisa melihat postingan artikel yang tampil/tidak di Penelusuran Google dengan mengetikkan site:alamatblogkalian

Contoh : site:julikoding.blogspot.com/2019/02/solusi-index-sitemap-yang-terus-menurun.html

2. Apabila postingan tidak tampil di Mesin Pencari, otomatis menutup salah satu jalur utama para bloger untuk mendapatkan Trafik Pengunjung. Sepi pengunjung deh :p

Oleh karena itu, agar kalian dapat memperbaiki/mengatasi Permasalahan Index Menurun di Blog kalian, berikut tips jitu dari Pengalaman saya pribadi.

2#Solusi/Perbaiki Sitemap Index yang Menurun/Deindex


1. Periksa apakah Robot.Txt yang ada di Blogger(Setelan - Preferensi Penelusuran) maupun Robot.Txt yang ada di GWM sudah benar! Apabila belum, kalian bisa copas kode Robot.Txt berikut!
User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
Disallow: /search
User-agent: *
Allow: /
Sitemap: http://julikoding.blogspot.com/sitemap.xml
Silahkan ubah sesuai alamat blog kalian, jika menggunakan https:// disesuaikan aja.

2. Index tetap menurun dan terus menerus menurun, semakin memburuk apabila dibiarkan masalah ini. Solusinya sederhana banget, yakni Jangka Waktu posting artikel yang relatif berdekatan.

Update Artikel dengan jangka waktu yang relatif dekat

Maksudnya? Belum mengerti, pada intinya, anda diharuskan rajin mempublikasikan artikel untuk memperbaiki index sitemap yang menurun tersebut.

Tidak ada rahasia atau trik untuk mengatasi Index Sitemap yang menurun, kalian cukup Update Artikel seperti biasa, alhasil Index Sitemap akan membaik dan akan normal/stabil seperti biasa.

Jangan lupa, setelah Update Artikel untuk selalu lakukan Google Fetch untuk meng-crawling halaman di GWM.

BACA JUGA : Mengapa Blog saya sepi atau sedikit Komentar? Padahal..

Apa yang dimaksud dengan Crawling? 

Crawling adalah proses menemukan halaman baru atau yang diperbarui untuk ditambahkan ke Google (Google meng-crawl situs saya).

Nah, dengan cara seperti itu, insyaallah Index Sitemap anda akan kembali pulih, artikel yang kalian submit sebelumnya bakal terindex dan tampil di Halaman Penelusuran mesin pencari Google.

Proses Index Sitemap berhasil kembali Normal :3 di Google Webmaster Tool

Dapat saya buktikan, bahwa hanya dengan bermodalkan RAJIN update artikel. Penyakit Sitemap Index yang terus menurun yang anda derita bakal musnah :v

#ANDA TIDAK PERLU MELAKUKAN

1. Ubah Template Blog, karena tidak ada pengaruh apapun terhadap Sitemap anda.
2. Cukup Submit Sitemap.xml saja, tidak perlu atom.xml dan sebagainya.
3. Menghapus Blog anda :V karena frustasi.

#KESIMPULAN

Jadi, seperti itulah cara yang sangat mudah untuk menyembuhkan masalah index pada sitemap yang terus menerus menurun berdasarkan Pengalaman Pribadi saya. Intinya cukup bersabar dan terus Update Artikel.

Bagi anda para bloger indonesia yang pernah mengalami masalah serupa dan bisa mengatasinya, alangkah baiknya untuk menambahkan masukkan/saran di kolom komentar :) terima kasih.

~ Semoga membantu ya bloger indonesia.